Selasa, 16 Juli 2013

Hukum Newton II

    Hukum Newton II dipengaruhi oleh gaya (F), massa (m), dan percepatan (a). Benda akan memiliki nilai percepatan jika benda tersebut dipengaruhi gaya yang tidak seimbang. 

Hukum Newton II berbunyi;
 "The acceleration of an object as produced by a net force is directly proportional to the magnitude of the net force, in the same direction as the net force, and inversely proportional to the mass of the object."
"Percepatan sebuah benda dihasilkan dari Gaya dimana berbanding lurus terhadap besarnya Gaya bersih dan berbanding terbalik dengan massa benda"


Sederhananya, sebuah benda dengan massa M mengalami gaya resultan sebesar F akan mengalami  percepatan (a)  yang arahnya sama dengan arah gaya. Besarnya a berbanding lurus F dan berbanding terbalik M. Bisa juga diartikan resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sama dengan turunan dari momentum liniear benda tersebut terhadap waktu.

Diagram Hukum Newton II


Dalam persamaan hukum Newton II sering dijabarkan sebagai berikut;

                                                      F = m.a
atau


Berdasarkan diagram benda bebas, Hukum Newton II dapat digambarkan sebagai berikut;


Beberapa persamaan yang diterapkan berdasarkan Hukum Newton II;








Salah satu bentuk diagram bebas Hukum Newton II adalah sebagai berikut;



Beberapa soal tentang Hukum Newton II;

1). Gaya sebesar 12 N, diterapkan pada arah x positif dengan massa blok 100 mg. Gaya gesek diabaikan. Berapakah percepatan benda tersebut?


2). Sebuah balok dengan massa 10 Kg dilepas pada bidang miring. Dengan sudut kemiringan 25 derajat dan koefisien gesekan dan bidang miring 0.25. Berapakah percepatan balok tersebut?

Solusi;

Pertama ditentukan dulu gambar diagram benda bebasnya;


Kedua;






Tidak ada komentar:

Posting Komentar