Kamis, 05 September 2013

AutoCAD 3D Modeling Tutorial (AUTOCAD 2010) II


Kita telah membahas tutorial AutoCad 3D Modeling Tutorial (AutoCad 2010) I 
Tutorial lanjutan untuk membahas tentangg AutoCAD 3D akan dibahas pada sesi ini. Berikut adalah model yang akan kita gambar.

Dan kita telah menyelesaikan pada tutorial sebelumnya sampai pada gambar berikut.
*Agar mempermudah anda sebaiknya andan mengikuti tutorial ini dari part I. Karena pada part II setiap menu tidak akan dibahas sedetail part I.


1. Untuk menggambar lingkaran di bagian atas kita ketik l pada command. Untuk menarik garis sebagai titik pusat lingkaran.


2. Kemudian ketik c pada command dan buat lingkaran sesuai dengan diameter model.


3. Kemudian masuk ke menu Conceptional dan pilih 2D Wireframe karena kita akan menghapus garis tengah bantu sebelumnya. Setelah lingkaran selesai dibentuk.


4. Kemudian kembalikan viewnya ke awal, klik 2D wireframe dan pilih conceptional. Setelah viewnya diganti maka kemudian kita akan membentuk ketinggian lingkaran, klik menu Press/pull dan tarik lingkaran dengan ketinggian sesuai model.


5. Kemudian tentukan titik pusat lingkaran, ketik command c, atau klik kiri akan muncul kotak menu yang baru dan pilih circle. Gambar lingkaran dalamnya sesuai dengan diameter yang ada pada model.


6. Kemudian bentuk kedalaman silinder yang terbentuk dengan kedalaman sesuai model menggunakan menu Press/pull.


7. Kemudian gambar lingkaran pada bagian dasar tabung/silinder sebagai lobang benda, ketik command c.


8. Kemudian bentuk lobangnya dengan menggunakan menu Press/pull.


9. Kemudian untuk menampilkan kotak menu properties klik home pilih show panel kemudian pilih properties. Pada tampilan sebelah kiri akan muncul menu baru bylayer kemudian pilih warna yang kita inginkan.


10. Gambar objek sesuai model telah diselesaikan pada AutoCAD 3D Modeling Tutorial (AUTOCAD 2010) II ini. Saya berharap apa yang telah ditampilkan dapat memberi manfaat yang baik. Atas perhatiannya mengikuti tutorial ini saya ucapkan terimakasih. [salam]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar