Selasa, 03 September 2013

AutoCad 3D Modeling Tutorial (AutoCad 2010) I




Sebelum kita memulai mendesain alat pada AutoCad, kita siapkan ukurannya terlebih dahulu. Pada tutorial ini kita akan menggunakan desain sebagai berikut;


1. Pada saat kita masuk dalam tampilan Autocad 2010 kita pilih mode 3D Modeling, kemudian klik menu unsaved views seterusnya klik submenu SE Isometric.


2. Setelah itu pada comand ketik ucsicon.


3. Maka akan muncul kotak menu yang baru, pada kotak menu tersebut klik noorigin. 


4. Kemudian klik menu rectangle setelah itu klik kiri, maka akan muncul kotak menu yang baru, kemudian pilih dimension. Input nilai sesuai data ukuran benda, panjang 120 dan lebar 80.


5. Setelah diperoleh sebuah bidah persegi panjang dengan ukuran 120 x 80, (mungkin gambarnya akan terlihat besar agan dapat men'scroll untuk mengatur ukuran besar kecilnya tampilan). Kemudian klik Press/Pull. Kemudian gerakkan mouse seolah-olah menarik bidang ke arah atas (memiliki ketinggian).


6. Ketika bidang sudah dapat diangkat/tarik, masukkan ketinggiannya sebesar 15. sesuai dengan ukuran model yang diberikan.


7. Setelah diperoleh hasilnya maka kemudian mulai menggambar bagian sisi kanan objek. Untuk menggambarnya klik menu extract egdes kemudian pilih copy edges.


8. Kemudian pilih sisi yang akan di copy. Karena akan menggambar sisi objek sebelah kanan maka dibutuhkan tebal bagian sebelah kanan, sesuai model bagian kanan memiliki ketebalan 20. Maka pilih (klik) sisi paling pinggir sebagai bidang acuan (pada gambar rusuk yang putus-putus), kemudian tarik garis dan masukkan nilai 20 pada kolom.


*agar tidak rancu saya tampilkan hasil dari langkah 8.


9. Akan diperoleh garis/rusuk baru pada bidang (membentuk persegi panjang yang baru pada alas balok). Kemudian hampir sama dengan langkah 6 pilih menu press/pull kemudian pilih bidang persegi panjang pada alas balok tersebut, bedanya pada tahap ini kita akan mendorong bidang kebawah (memiliki kedalaman) kemudian berdasarkan model masukkan nilainya 90.


10. Untuk mempermudah dalam menggambar bagian kanan, viewnya dirubah. Klik Unsaved view kemudian pilih SE Isometric. Kemudian framenya dapat dirubah dengan klik 2D wireframe kemudian pilih Conceptual. Akan diperoleh tampilan objek berbeda dari sebelumnya.
      Untuk menggambar setengah lingkaran pertama tentukan batasnya, cara menentukannya seperti langkah 8. Klik extract egde kemudian pilih copy egde ( jika menu tersebut belum disentuh dari langkah 8 maka statusnya masih dalam keadaan copy egde) dan tentukan garis acuannya. Isikan nilainya 50 sesuai model pada kolom.


11. Setelah diperoleh batas untuk menggambar lingkaran. Berdasarkan model, tinggi benda bagian kanan lebih 15 (alasannya dapat dilihat pada gambar dibawah). Solusinya adalah mengurangi ketinggian benda dengan menu press/pull, tekan bidang hingga ketinggiannya berkurang 15.


12. Klik Dynamic UCS


13. Isi c pada kolom kosong atau pada command ketik c. Untuk menentukan titik pusat lingkaran. Kemudian tuju titik biru yang otomatis muncul sebagai titik pusat lingkaran.


14. Isikan nilai 40 pada kolom kosong sebagai radius lingkaran maka akan diperoleh gambar sebagai berikut.


15. Kemudian gunakan kembali menu Pull/press  untuk membersihkan sisi-sisi setengah lingkaran.


16. Kemudian gambar lingkaran dalam dengan ukuran yang lebih kecil. Langkahnya sama dengan Langkah 13 kecuali ukurannya diameter 32. Maka akan diperoleh gambar sebagai berikut.


17. Karena berdasarkan model, bagian lingkaran dalam tersebut berlobang, maka gunakan menu press/pull untuk melobangi lingkaran.


18. Akan diperoleh bentuk objek dengan sisi yang sudah terbentuk. Untuk menghapus beberapa garis klik menu conceptual pilih 2D wireframe. Tampilan objek akan berubah dan berbeda dari yang awal. Kemudian pilih garis yang mau dihapus kemudian erase.


19. Kemudian pada ubah lagi tampilan dengan klik menu 2D wireframe dan pilih conceptual. Karena model memiliki bagian yang simetris maka untuk bagian sebelah kiri objek dapat di cerminkan. Ketik mirror3D pada kolom command.


20. Pilih titik tengah pada bagian balok untuk menentukan garis tengah sebagai batas pencerminan. untuk mempermudah klik kanan maka akan muncul kolom baru kemudian pilih 3point. 


21. Tentukan garis-garis pembatas, kemudian setelah ketiga garis telah ditetapkan akan muncul pilihan delete source object dan pilihannya adalah no.


22. Satukan semua bagian dengan menu union dan klik semua bagian. Maka bagian objek telah menyatu.



[demikian part I, semoga bermanfaat...untuk penyelesaian desain modelnya, akan dilanjutkan pada AutoCad 3D Modeling Tutorial (AutoCad 2010) II ]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar